ANALISIS ARTIKEL KONSEPTUAL
Tentang
GANGGUAN TINGKAH LAKU PADA ANAK
Diajukan Untuk Memenuhi
Salah Satu Tugas Akhir Pada Mata Kuliah Bahasa indonesia
Dibuat oleh :
MIMI PERMANI SUCI 088 13
1890
Dosen Pembimbing :
Dra. Hetti Waluati Triana,M.Pd.,Ph.D
PENDIDIKAN BAHASA ARAB PROGRAM PASCASARJANA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
IMAM BONJOL PADANG
1435 H/ 2014 M
A.
Analisis artikel berdasarkan teknik penulisan sebagai artikel
konseptual :
1.
Judul :
Judul artikel sudah sesuai dengan yang seharusnya, tidak terlalu
panjang dan tidak terlalu pendek
2.
Nama penulis :
Penulisan nama penulis sudah sesuai dengan yang seharusnya, tidak
dituliskan gelar akademik
3.
Abstrak dan kata kunci
Abstrak : tidak sesuai dengan yang seharusnya, karena penulisan abstrak
untuk tulisan bahasa Indonesia adalah menggunakan bahasa Inggris tidak dengan
bahasa Indonesia, sementara yang dibuat dalam artikel ini abstrak dibuat dalam
bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Kata kunci : ada dan sesuai dengan yang dianjurkan.
4.
Pendahuluan
Pendahulun : tidak ada
5.
Pembahasan atau inti tulisan
Inti tulisan banyak mencantumkan kutipan dan sedikit sekali
pendapat dan analisis penulis
6.
Penutup
Penutup
: tidak terlihat
7.
Daftar rujukan
Terdapat kesalahan pada penulisan daftar rujukan pada artikel ini.
Yakni, terdapat satu rujukan yang tidak
terdapat dalam tulisan, namun ada pada rujukan. Rujukan yang tidak ada itu
adalah Achmad Mubarok, 2000. Jiwa dalam Al-Qur’an, Jakarta: Paramadina.
Pada daftar rujukan lainnya, nama penulisan nama pengarang tidak dibalikkan.
B.
Analisis artikel berdasarkan isi, bahasa (tata bahasa, diksi, ejaan
yang disempurnakan).
Halaman/ paragraf
|
Kalimat
|
Kesalahan
|
Seharusnya
|
201/1
|
Dalam DSM-IV-TR didefenisikan bahwa gangguan tingkah
laku atau conduct disorder
adalah pola perilaku yang tetap yang melanggar hak-hak dasar orang lain dan
norma susila. conduct disorder as a repetitive and persistent pattern
of behavior in which either the rights of ithers or major age appoptiate
societal norms or ruler violated
|
1.
Tidak ada keterangan tentang DSM-IV-TR
2.
Susunan kalimat tidak jelas.
|
1.
Dalam DSM-IV-TR (keterangannya) atau tidak usah dimasukkan dalam
tulisan karena pada akhir kalimat terdapat rujukan tentang difinisi yang
disebutkan,
2.
Gangguan tingkah laku adalah pola perilaku yang tetap yang
melanggar hak-hak dasar orang lain dan norma susila. Atau, conduct
disorder as a repetitive and persistent pattern of behavior in which either
the rights of ithers or major age appoptiate societal norms or ruler violated
|
201-202/2
|
conduct disorder dalam
DMS-IV-TR yaitu aggresi...
|
1.
Kesalahan yang sama dengan paragraf 1
2.
Paragraf terlalu panjang
3.
Terdapat beberapa kata yang salah ketik, yakni : kekejamna,
bnagunan, ahri.
4.
Terdapat kata yang seharusnya ditulis miring tapi tidak
dimiringkan, yakni : repetitive dan persisten
|
1.
Dicantumkan keterangan atau tidak usah dimasukkan dalam tulisan,
namun jika pada paragraf sebelumnya sudah ada keterangan maka pada paragraf
berikutnya dibolehkan tidak mencantumkan keterangan lagi.
2.
Dijadikan 2 paragraf
3.
Kekejaman, bangunan, hari
4.
Repetitive
dan persisten
|
202/1
|
kriteria
Conduct Disorder tetapi Antisocial Personality Disorder.
|
Kalimat asing tidak dicetak miring
|
kriteria Conduct
Disorder tetapi Antisocial Personality Disorder.
|
202/2
|
Ketiga. conduct disorder
|
Setelah kata ketiga titik seharusnya koma
|
Ketiga, conduct disorder
|
202/3
|
perilaku yang di tampilkan...
|
1.
Kesahan pada penulisan kata depan di
2.
Terdapat beberapa kata yang salah ketik pada paragraf yang sama,
yakni : dna, sednagkan,daari. Kata conduct tidak diringkan
3.
Paragraf terlalu panjang
|
1.
Ditampilkan
2.
Dan, sedangkan, dari. Conduct
3.
Dijadikan 2 paragraf
|
202/4
|
Menurut Ernar dan Kerig
|
Salah ketik
|
Wenar
|
202/5
|
Wenar dan Kerig menyatakan...
|
1.
Spasinya terlalu jauh
2.
Pada kalimat berikutnya terdapat kesalahan penggabungan awalan
dan kata dasar, salah ketik, dan kata asing tidak dicetak miring, yakni kata
mem pengaruhi, neuropsikologis, dna
|
-Wenar dan
Kerig
-mempengaruhi, neuropsikologis, dan
|
202/6
|
A. Thomas, Chess dan Birch dalam Diane E...
|
1. penggunaan
kata dalam disana tidak tepat
2. pada
kalimat-kalimat berikutnya juga terdapat kesahalan pengetikan, dan kata asing
tidak dicetak miring
3. huruf
pertama pada angka (1) dan seterusnya dalam paragraf ditulis kapital,
sedangkan pada paragraf sebelumnya tidak, maka disini terdapat ketidak
konsistenan penulis dalam menggunakan kaedah penulisan huruf kapital setelah
angka dalam paragraf.
|
1. A. Thomas,
Chess dan Birch dalam karangan Diane E.
2. tidak
terjadi kesalahan pengetikan dan penulisan kata asing
3. adanya
sikap konsisten dalam menggunakan kaedah penulisan.
|
203/ kolom
|
Easu Child, Berespon, tisur, breubah, metoleran, mneggamuk, hari
|
Salah ketik
|
Easy Child,
Merespon, tidur, berubah, mentoleran, mengamuk, hati
|
203/2
204/1-7
|
Menurut A. Thomas dan Chess: Braungart, Plomin...tidak
terlatih.oleh
|
1.
Banyak terdapat kata yang salah ketik
2.
Paragraf 2 hal 203- paragraf 5 hal 204 semuanya kalimat kutipan
tanpa ada analisis
|
1.
Tidak terdapat kesalahan pengetikan
2.
Harus ada analisis
|
205/1
|
Penelitian terhadap anak perempuan menunjukkan bahwa kontrol yang
berlebihan...
|
Kalimatnya
terlalu panjang namun tidak ada tanda berenti kecuali titik pada akhir
kalimat
|
Penelitian
terhadap anak perempuan menunjukkan bahwa, kontrol yang berlebihan
|
205/ 2-5
|
1.
dna, menginterprestasikan, menyumbangn, conduct disorder,
alcohol, di kutip,factor
2.
Huesmann dalam Charles
|
1.
Terdapat beberapa kesalahan pengetikan kata
2.
Penggunaan kata dalam tidak cocok
|
3.
dan, menginterpretasikan, menyumbang, conduct disorder,
alkohol, dikutip,faktor
4.
Huesmann dalam karangan Charles
|
206/1-6
|
1.
Attachment, walauoun, subur, orangtua, angfota, pola suh, di
bandingkan, single parent, Conduct Disorder
2.
Menurut
3.
Pola asuh yang keras dan penurunan perilaku agresif antar
generasi
4.
Secara fisik maupun emosional
|
1.
Salah ketik
2.
Dalam 1 paragraf terdapat 5 kata menurut (nama orang ) sebagai
kata sambung, tidak berpariasi
3.
Tidak konsisten dengan cara penulisan poin-poin sebelumnya
4.
Fisik dan emosional (kurang tepat )
|
1.
Attachment,
walaupun, sumber, orang tua, anggota, pola asuh, dibandingkan, single
parent, conduct disorder
2.
Dipariasikan, misal: menurut Shaw, Shaw berpendapat bahwa, Shaw
menyatakan bahwa dsb.
3.
Fisik dan psikis
|
207/1- kesimpulan
|
1.
Modeling, orangtua, disebabkan karena, kekejamna, attachment
2.
Depresi pada orang tua...
3.
Simpulan
4.
Pendekatan dan bereaksi
|
1.
Salah ketik
2.
Tidak nyambung dengan kalimat sebelumnya
3.
Kurang tepat
4.
Penggunaan kata dan kurang tepat
|
1.
Modeling,
orang tua, disebabkan adanya, kekejaman, attachment
2.
Dihapus saja
3.
Kesimpulan
4.
Pendekatan yang bereaksi
|
207-208/
daftar rujukan
|
Diane E.
Papalia dan Sally Wendkos Mubarok, 1995, Human Depelopment.
USA: McGraw-Hill
|
Titik setelah
judul buku
|
Diane E.
Papalia dan Sally Wendkos Mubarok, 1995, Human Depelopment, USA: McGraw-Hill
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar