Kamis, 14 Juli 2016

contoh ANALISIS ARTIKEL KONSEPTUAL



ANALISIS ARTIKEL KONSEPTUAL
Tentang
GANGGUAN TINGKAH LAKU PADA ANAK


Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Akhir Pada Mata Kuliah Bahasa indonesia


Dibuat oleh :
MIMI PERMANI SUCI      088 13 1890

Dosen Pembimbing :
Dra. Hetti Waluati Triana,M.Pd.,Ph.D

PENDIDIKAN BAHASA ARAB PROGRAM PASCASARJANA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
IMAM BONJOL PADANG
1435 H/ 2014 M


A.    Analisis artikel berdasarkan teknik penulisan sebagai artikel konseptual :
1.      Judul :
Judul artikel sudah sesuai dengan yang seharusnya, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek
2.      Nama penulis :
Penulisan nama penulis sudah sesuai dengan yang seharusnya, tidak dituliskan gelar akademik
3.      Abstrak dan kata kunci
Abstrak : tidak sesuai dengan yang seharusnya, karena penulisan abstrak untuk tulisan bahasa Indonesia adalah menggunakan bahasa Inggris tidak dengan bahasa Indonesia, sementara yang dibuat dalam artikel ini abstrak dibuat dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
Kata kunci : ada dan sesuai dengan yang dianjurkan.
4.      Pendahuluan
Pendahulun : tidak ada
5.      Pembahasan atau inti tulisan
Inti tulisan banyak mencantumkan kutipan dan sedikit sekali pendapat dan analisis penulis
6.      Penutup
Penutup : tidak terlihat
7.      Daftar rujukan
Terdapat kesalahan pada penulisan daftar rujukan pada artikel ini. Yakni,  terdapat satu rujukan yang tidak terdapat dalam tulisan, namun ada pada rujukan. Rujukan yang tidak ada itu adalah Achmad Mubarok, 2000. Jiwa dalam Al-Qur’an, Jakarta: Paramadina. Pada daftar rujukan lainnya, nama penulisan nama pengarang tidak dibalikkan.
B.     Analisis artikel berdasarkan isi, bahasa (tata bahasa, diksi, ejaan yang disempurnakan).
Halaman/ paragraf
Kalimat
Kesalahan
Seharusnya
201/1
Dalam DSM-IV-TR didefenisikan bahwa gangguan tingkah laku atau  conduct disorder adalah pola perilaku yang tetap yang melanggar hak-hak dasar orang lain dan norma susila. conduct disorder as a repetitive and persistent pattern of behavior in which either the rights of ithers or major age appoptiate societal norms or ruler violated
1.      Tidak ada keterangan tentang DSM-IV-TR
2.      Susunan kalimat tidak jelas.
1.      Dalam DSM-IV-TR (keterangannya) atau tidak usah dimasukkan dalam tulisan karena pada akhir kalimat terdapat rujukan tentang difinisi yang disebutkan,
2.      Gangguan tingkah laku adalah pola perilaku yang tetap yang melanggar hak-hak dasar orang lain dan norma susila. Atau, conduct disorder as a repetitive and persistent pattern of behavior in which either the rights of ithers or major age appoptiate societal norms or ruler violated
201-202/2
conduct disorder dalam DMS-IV-TR yaitu aggresi...
1.      Kesalahan yang sama dengan paragraf 1
2.      Paragraf terlalu panjang
3.      Terdapat beberapa kata yang salah ketik, yakni : kekejamna, bnagunan, ahri.
4.      Terdapat kata yang seharusnya ditulis miring tapi tidak dimiringkan, yakni : repetitive dan persisten

1.      Dicantumkan keterangan atau tidak usah dimasukkan dalam tulisan, namun jika pada paragraf sebelumnya sudah ada keterangan maka pada paragraf berikutnya dibolehkan tidak mencantumkan keterangan lagi.
2.      Dijadikan 2 paragraf
3.      Kekejaman, bangunan, hari
4.      Repetitive dan persisten
202/1
kriteria Conduct Disorder tetapi Antisocial Personality Disorder. 

Kalimat asing tidak dicetak miring
kriteria Conduct Disorder tetapi Antisocial Personality Disorder.

202/2
Ketiga. conduct disorder
Setelah kata ketiga titik seharusnya koma
Ketiga, conduct disorder
202/3
perilaku yang di tampilkan...
1.      Kesahan pada penulisan kata depan di
2.      Terdapat beberapa kata yang salah ketik pada paragraf yang sama, yakni : dna, sednagkan,daari. Kata conduct tidak diringkan
3.      Paragraf terlalu panjang
1.      Ditampilkan
2.      Dan, sedangkan, dari. Conduct
3.      Dijadikan 2 paragraf
202/4
Menurut Ernar dan Kerig
Salah ketik
Wenar
202/5
Wenar   dan    Kerig menyatakan...
1.      Spasinya terlalu jauh
2.      Pada kalimat berikutnya terdapat kesalahan penggabungan awalan dan kata dasar, salah ketik, dan kata asing tidak dicetak miring, yakni kata mem pengaruhi, neuropsikologis, dna
-Wenar dan Kerig
-mempengaruhi, neuropsikologis, dan
202/6
A. Thomas, Chess dan Birch dalam Diane E...
1. penggunaan kata dalam disana tidak tepat
2. pada kalimat-kalimat berikutnya juga terdapat kesahalan pengetikan, dan kata asing tidak dicetak miring
3. huruf pertama pada angka (1) dan seterusnya dalam paragraf ditulis kapital, sedangkan pada paragraf sebelumnya tidak, maka disini terdapat ketidak konsistenan penulis dalam menggunakan kaedah penulisan huruf kapital setelah angka dalam paragraf.
1. A. Thomas, Chess dan Birch dalam karangan Diane E.
2. tidak terjadi kesalahan pengetikan dan penulisan kata asing
3. adanya sikap konsisten dalam menggunakan kaedah penulisan.
203/ kolom
Easu Child, Berespon, tisur, breubah, metoleran, mneggamuk, hari
Salah ketik
Easy Child, Merespon, tidur, berubah, mentoleran, mengamuk, hati
203/2
204/1-7
Menurut A. Thomas dan Chess: Braungart, Plomin...tidak terlatih.oleh
1.      Banyak terdapat kata yang salah ketik
2.      Paragraf 2 hal 203- paragraf 5 hal 204 semuanya kalimat kutipan tanpa ada analisis
1.      Tidak terdapat kesalahan pengetikan
2.      Harus ada analisis
205/1
Penelitian terhadap anak perempuan menunjukkan bahwa kontrol yang berlebihan...
Kalimatnya terlalu panjang namun tidak ada tanda berenti kecuali titik pada akhir kalimat
Penelitian terhadap anak perempuan menunjukkan bahwa, kontrol yang berlebihan
205/ 2-5

1.      dna, menginterprestasikan, menyumbangn, conduct disorder, alcohol, di kutip,factor
2.      Huesmann dalam Charles
1.      Terdapat beberapa kesalahan pengetikan kata
2.      Penggunaan kata dalam tidak cocok
3.      dan, menginterpretasikan, menyumbang, conduct disorder, alkohol, dikutip,faktor
4.      Huesmann dalam karangan Charles
206/1-6
1.      Attachment, walauoun, subur, orangtua, angfota, pola suh, di bandingkan, single parent, Conduct Disorder
2.      Menurut
3.      Pola asuh yang keras dan penurunan perilaku agresif antar generasi
4.      Secara fisik maupun emosional

1.      Salah ketik
2.      Dalam 1 paragraf terdapat 5 kata menurut (nama orang ) sebagai kata sambung, tidak berpariasi
3.      Tidak konsisten dengan cara penulisan poin-poin sebelumnya
4.      Fisik dan emosional (kurang tepat )
1.      Attachment, walaupun, sumber, orang tua, anggota, pola asuh, dibandingkan, single parent, conduct disorder
2.      Dipariasikan, misal: menurut Shaw, Shaw berpendapat bahwa, Shaw menyatakan bahwa dsb.
3.      Fisik dan psikis
207/1- kesimpulan
1.      Modeling, orangtua, disebabkan karena, kekejamna, attachment
2.      Depresi pada orang tua...
3.      Simpulan
4.      Pendekatan dan bereaksi
1.      Salah ketik
2.      Tidak nyambung dengan kalimat sebelumnya
3.      Kurang tepat
4.      Penggunaan kata dan kurang tepat
1.      Modeling, orang tua, disebabkan adanya, kekejaman, attachment
2.      Dihapus saja
3.      Kesimpulan
4.      Pendekatan yang bereaksi
207-208/ daftar rujukan
Diane E. Papalia dan Sally Wendkos Mubarok, 1995, Human Depelopment. USA: McGraw-Hill

Titik setelah judul buku
Diane E. Papalia dan Sally Wendkos Mubarok, 1995, Human Depelopment, USA: McGraw-Hill
 

           



Tidak ada komentar:

Posting Komentar