Kamis, 14 Juli 2016

Evaluasi Buku Ajar Al-Arabiah Baina Yadaik jilid III Tentang Mufrodat


A.    Pendahuluan
Di Negara-negara yang sudah maju, pendidikan dipandang sebagai salah satu sarana untuk memecahkan masalah-masalah sosial. Untuk beberapa masalah tertentu keejahteraan bangsa dibebankan kepada pundak sekolah dan universitas. Diakui bahwa kritik-kritik sering muncul tentang system pendidikan yang sering berubah dan tidak seimbang, kurikulum yang kurang tepat dengan mata  dan pelajaran terlalu banyak dan tidak fokus pada hal-hal yang seharusnya diberikan. Namun masalah yang paling urgen pada setiap sistem pendidikan yaitu kurangnya evaluasi yang efektif.
Kesadaran akan hal tersebut merupakan salah satu langkah kearah perbaikan, evaluasi dapat memberikan pendekatan banyak lagi dalam memberikan informasi kepada pendidikan untuk membantu perbaikan dan pengembangan sistem pendidikan begitu juga dengan mata pelajaran bahasa arab. Dengan demikian evaluasi berperan penting dalam mengukur keberhasilan dan pencapaian proses pendidikan.
Seiring dengan meningkatnya minat dan perhatian terhadap bahasa arab, maka disusunlah berbagai macam kitab dan silsilah pengajaran bahasa arab untuk memenuhi kebutuhan para pelajar bahasa arab. Meskipun telah terdapat beberapa metode dan kurikulum pembelajaran bahasa arab, akan tetapi masih dibutuhkan pengembangan metode baru yang akan semakin memperkaya ladang ini dan akan mempermudah siapa saja yang ingin belajar bahasa arab. Kitab Al-Arabiyah Baina Yadaik adalah sebuah buku pembelajaran bahasa arab yang paling modern. Kitab ini disusun dengan sistematika pembelajaran yang terbaik sehingga memudahkan semua orang untuk mempelajari dan memahami bahasa arab.   

B.     Pembahasan

a.       Gambaran umum tentang buku Al-Arabiah Baina Yadaik
Buku ajar merupakan salah satu bentuk dari bahan ajar, buku ajar mempunyai peran penting dalam menunhang proses pembelajaran. Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperukan guru untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.
Kitab Al Arabiyah baina Yadaik adalah sebuah buku pembelajaran bahasa arab yang paling modern. Kitab ini disusun dengan sistematika pembelajaran yang terbaik sehingga memudahkan setiap orang untuk mempelajari dan memahami bahasa arab. Berikut ini akan digambarkan sekilas tentang buku tersebut.
Buku ajar ini berjudul Al Arabiyah baina Yadaik : silsilatun fi ta’lim al-lugoh al-‘arabiyah li goiri an-natiqin biha ( seri pembelajaran bahasa arab untuk penutur asing ) di tulis oleh Dr Abdurrahman bin Ibrohim al-fauzan, Ustaz Mukhtar At-thahir husein dan Ustad Muhammad Abdul Khaliq, ketiganya dosen di ma’had al-lugoh al-arabiyah ( Institut Bahasa Arab ) King Saud University Riyadh Saudi Arabia. [1]
Buku ini diterbitkan oleh mu’assasah al-Waqaf al-islami Riyadh. Tujuan penulisan buku seri pembelajaran bahasa arab ini adalah untuk mengantarkan peserta didik memiliki kemampuan berbahasa (kifayah al-lugowiyah), kemampuan berkomunikasi (kifayah ittisholiyyah), kemampuan berbudaya (kifayah tsaqofiyah).
Kifayah lugowiyah mencakup dua hal yaitu keterampilan bahasa (istima’, kalam, qiroah, kitabah) dan tiga unsure bahasa yaitu al-aswat (bunyi), al-mufradat (perbendaharaan kata), dan al-tarakib (struktur kalimat). Kifayah ittisholiyyah dimaksudkan sebagai kemampuan peserta didik dalam komunikasi langsung, baik lisan maupun tulisan, dengan pemilik bahasa dalam konteks pergaulan social mereka. Sedangkan kifayah tsaqofiyyah dimaksudkan sebagai kemampuan peserta didik dalam memahami ragam aspek budaya bahasa, yakni budaya bahasa arab dan islam.
b.      Evaluasi Buku Ajar Al-Arabiah Baina Yadaik jilid III tentang mufrodat
معالجة المفردات
درجات القويم
البنود
م
6
5
4
3
2
1
6





عدد الفردات الجديدة في الدرس الواحد
1



3


يتم التدريب على المفردات الجديدة و تثبيت معناها بصورة جيدة
2





1
يتم عرض المفردات بتدرج مقبول
3





1
يتم تعزيز المفردات السابقة  بدرجة كافية
4
6





يتم عرض المفردات الجديدة بتراكيب معرفة
5





1
يتم التعريف بالمفردات الجديدة بوسائل تحقق الهدف
6
6





تختار المفردات في الموضوع الواحد بناء على الشيوع
7


Keterangan :

1.      Jumlah mufrodat yang baru dalam satu daras.
-          Pada topik 1 ( المعجزة الخلدة ) Jumlah mufrodat baru dalam daras 1 sampai 7 adalah 41 buah.
-          Pada topik 2 (في حياة ناشئ يوم)  jumlah mufrodat baru dalam daras 8 sampai 14 adalah 39 buah.
-          Pada topik 3 ( أقلياتنا في العالم ) jumlah mufrodat baru dalam daras 15 sampai 21 adalah 49 buah.
-          Pada topik 4 ( السنة النبوية ) jumlah mufrodat baru dalam daras 22 samapai 28 adalah 48 buah
-          Pada topik 5 ( الأطفال و القراءة ) jumlah mufrodat baru dalam daras 29 sampai 35  adalah 42 buah.
-          Pada topik 6 ( هجرة العقول ) jumlah mufrodat baru dalam 36 daras sampai 42 adalah 46 buah.
-          Pada topik 7 ( طاب نومكم طاب يومكم ) jumlah mufrodat baru dalam 43 daras sampai 49 adalah 45 buah.
-          Pada topik 8 ( نوادر و طرف ) jumlah mufrodat baru dalam 50 daras sampai 56 adalah 57 buah.
-          Pada topik 9 ( المساواة الحقة ) jumlah mufrodat baru dalam 57 daras sampai 63 adalah 52 buah.
-          Pada topik 10 ( الرفق با لحيوان ) jumlah mufrodat baru dalam 64 daras sampai 70 adalah 55 buah.
-          Pada topik 11 ( الأمثال العربية ) jumlah mufrodat baru dalam 71 daras sampai 77 adalah 58 buah.
-          Pada topik 12 ( الخلافات الزوجية ) jumlah mufrodat baru dalam 78 daras sampai 84 adalah 62 buah.
-          Pada topik 13 ( العلاقة بين الأباء و الأبناء ) jumlah mufrodat baru dalam 85 daras sampai 91 adalah 67 buah.
-          Pada topik 14 ( الماء أصل الحياة و سرها) jumlah mufrodat baru dalam 92 daras sampai 98 adalah 75 buah
-          Pada topik 15 ( وصية أب) jumlah mufrodat baru dalam 99 daras sampai 105 adalah 52 buah
-          Pada topik 16 ( من يوميات وليد) jumlah mufrodat baru dalam 106 daras sampai 112 adalah 64 buah

2.      Terdapatnya latihan mufrodat yang baru
-          Terdapat latihan atau tadribat mufrodat baru pada setiap daras dalam buku arabiyah baiana yadaik jilid 3 namun tidak teratur.

3.      Mufardat disajikan secara bertahap
-          Menurut pemakalah mufrodat yang terdapat di dalam buku arabiyah baiana yadaik jilid 3 disajikan secara langsung atau tidak bertahap. Hal ini terlihat dari mufradat yang digabungkan dalam satu daras untuk dua topik pembahasan.

4.      Adanya penguatan untuk mufradat sebelumnya
-          Menurut pemakalah tidak terdapat penguatan terhadap mufrodat sebelumya yang terdapat di dalam buku arabiyah baiana yadaik jilid 3

5.      Adanya pengetahuan struktur kalimat untuk mufradat baru
-          Menurut pemakalah Pengembangan mufrodat baru di dalam pengetahuan tarokib terdapat pada qowaid lughoh

6.      Pengenalan mufrodat baru dengan menggunakan media untuk mencapai tujuan
-          Menurut pemakalah pengenalan mufrodat baru di dalam buku arabiyah baiana yadaik jilid 3 tidak menggunakan media 

7.      Kesesuaian mufrodat dengan topik yang dipilih
-          Menurut pemakalah bahwa setiap mufrodat yang terdapat di dalam topik pada buku arabiyah baiana yadaik jilid 3 sudah cocok dengan topiknya.




Berikut contoh materi qira’ah yang ada dalam buku arabiyah baiana yadaik jilid 3 daras 1 dan latihan mufradatnya :






C.    Penutup
a.       Kesimpulan
Dalam buku  arabiyah baiana yadaik jilid 3 terdapat 112 daras dan 852 mufradat baru. Selain itu juga terdapat latihan mufradat baru dan tarakib namun penyajian mufradat tidak dilakukan secara bertahap.
Mufradat baru yang terdapat dalam buku  arabiyah baiana yadaik jilid 3 sudah sesuai dengan topic yang ada. Dengan begitu siswa sudah terbantu untuk memahami isi buku meskipun pengenalan mufardat tidak menggunakan media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar