A. Pendahuluan
Di Negara-negara yang sudah maju,
pendidikan dipandang sebagai salah satu sarana untuk memecahkan
masalah-masalah sosial. Untuk beberapa masalah tertentu keejahteraan bangsa
dibebankan kepada pundak sekolah dan universitas. Diakui bahwa kritik-kritik sering
muncul tentang system pendidikan yang sering berubah dan tidak seimbang,
kurikulum yang kurang tepat dengan mata
dan pelajaran terlalu banyak dan tidak fokus pada hal-hal yang
seharusnya diberikan. Namun masalah yang paling urgen pada setiap sistem
pendidikan yaitu kurangnya evaluasi yang efektif.
Kesadaran akan hal tersebut
merupakan salah satu langkah kearah perbaikan, evaluasi dapat memberikan
pendekatan banyak lagi dalam memberikan informasi kepada pendidikan untuk
membantu perbaikan dan pengembangan sistem pendidikan begitu juga dengan mata
pelajaran bahasa arab. Dengan demikian evaluasi berperan penting dalam mengukur
keberhasilan dan pencapaian proses pendidikan.
Seiring dengan meningkatnya minat
dan perhatian terhadap bahasa arab, maka disusunlah berbagai macam kitab dan
silsilah pengajaran bahasa arab untuk memenuhi kebutuhan para pelajar bahasa
arab. Meskipun telah terdapat beberapa metode dan kurikulum pembelajaran bahasa
arab, akan tetapi masih dibutuhkan pengembangan metode baru yang akan semakin
memperkaya ladang ini dan akan mempermudah siapa saja yang ingin belajar bahasa
arab. Kitab Al-Arabiyah Baina Yadaik adalah sebuah buku pembelajaran bahasa arab
yang paling modern. Kitab ini disusun dengan sistematika pembelajaran yang
terbaik sehingga memudahkan semua orang untuk mempelajari dan memahami bahasa
arab.
B.
Pembahasan
a.
Gambaran
umum tentang buku Al-Arabiah Baina Yadaik
Buku ajar merupakan salah satu bentuk dari bahan ajar, buku ajar
mempunyai peran penting dalam menunhang proses pembelajaran. Bahan ajar
merupakan informasi, alat dan teks yang diperukan guru untuk perencanaan dan
penelaahan implementasi pembelajaran. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan
yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar
di kelas.
Kitab Al Arabiyah baina Yadaik adalah sebuah buku pembelajaran
bahasa arab yang paling modern. Kitab ini disusun dengan sistematika
pembelajaran yang terbaik sehingga memudahkan setiap orang untuk mempelajari
dan memahami bahasa arab. Berikut ini akan digambarkan sekilas tentang buku
tersebut.
Buku ajar ini berjudul Al Arabiyah baina Yadaik : silsilatun fi
ta’lim al-lugoh al-‘arabiyah li goiri an-natiqin biha ( seri pembelajaran
bahasa arab untuk penutur asing ) di tulis oleh Dr Abdurrahman bin Ibrohim
al-fauzan, Ustaz Mukhtar At-thahir husein dan Ustad Muhammad Abdul Khaliq,
ketiganya dosen di ma’had al-lugoh al-arabiyah ( Institut Bahasa Arab ) King
Saud University Riyadh Saudi Arabia. [1]
Buku ini diterbitkan oleh mu’assasah al-Waqaf al-islami Riyadh.
Tujuan penulisan buku seri pembelajaran bahasa arab ini adalah untuk
mengantarkan peserta didik memiliki kemampuan berbahasa (kifayah al-lugowiyah),
kemampuan berkomunikasi (kifayah ittisholiyyah), kemampuan berbudaya (kifayah
tsaqofiyah).
Kifayah lugowiyah mencakup dua hal yaitu keterampilan bahasa (istima’,
kalam, qiroah, kitabah) dan tiga unsure bahasa yaitu al-aswat (bunyi),
al-mufradat (perbendaharaan kata), dan al-tarakib (struktur kalimat). Kifayah
ittisholiyyah dimaksudkan sebagai kemampuan peserta didik dalam komunikasi
langsung, baik lisan maupun tulisan, dengan pemilik bahasa dalam konteks
pergaulan social mereka. Sedangkan kifayah tsaqofiyyah dimaksudkan sebagai
kemampuan peserta didik dalam memahami ragam aspek budaya bahasa, yakni budaya
bahasa arab dan islam.
b.
Evaluasi
Buku Ajar Al-Arabiah Baina Yadaik jilid III tentang mufrodat
معالجة
المفردات
درجات
القويم
|
البنود
|
م
|
|||||
6
|
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
6
|
|
|
|
|
|
عدد
الفردات الجديدة في الدرس الواحد
|
1
|
|
|
|
3
|
|
|
يتم
التدريب على المفردات الجديدة و تثبيت معناها بصورة جيدة
|
2
|
|
|
|
|
|
1
|
يتم
عرض المفردات بتدرج مقبول
|
3
|
|
|
|
|
|
1
|
يتم
تعزيز المفردات السابقة بدرجة كافية
|
4
|
6
|
|
|
|
|
|
يتم
عرض المفردات الجديدة بتراكيب معرفة
|
5
|
|
|
|
|
|
1
|
يتم
التعريف بالمفردات الجديدة بوسائل تحقق الهدف
|
6
|
6
|
|
|
|
|
|
تختار
المفردات في الموضوع الواحد بناء على الشيوع
|
7
|
Keterangan
:
1.
Jumlah
mufrodat yang baru dalam satu daras.
-
Pada
topik 1 ( المعجزة الخلدة ) Jumlah mufrodat baru
dalam daras 1 sampai 7 adalah 41 buah.
-
Pada
topik 2 (في حياة ناشئ يوم) jumlah mufrodat baru
dalam daras 8 sampai 14 adalah 39 buah.
-
Pada
topik 3 ( أقلياتنا في العالم ) jumlah mufrodat baru
dalam daras 15 sampai 21 adalah 49 buah.
-
Pada
topik 4 ( السنة النبوية ) jumlah mufrodat baru
dalam daras 22 samapai 28 adalah 48 buah
-
Pada
topik 5 ( الأطفال و القراءة ) jumlah mufrodat baru
dalam daras 29 sampai 35 adalah 42 buah.
-
Pada
topik 6 ( هجرة العقول ) jumlah mufrodat baru
dalam 36 daras sampai 42 adalah 46 buah.
-
Pada
topik 7 ( طاب نومكم طاب يومكم ) jumlah mufrodat baru
dalam 43 daras sampai 49 adalah 45 buah.
-
Pada
topik 8 ( نوادر و طرف ) jumlah mufrodat baru
dalam 50 daras sampai 56 adalah 57 buah.
-
Pada
topik 9 ( المساواة الحقة ) jumlah mufrodat baru
dalam 57 daras sampai 63 adalah 52 buah.
-
Pada
topik 10 ( الرفق با لحيوان ) jumlah mufrodat baru
dalam 64 daras sampai 70 adalah 55 buah.
-
Pada
topik 11 ( الأمثال العربية ) jumlah mufrodat baru
dalam 71 daras sampai 77 adalah 58 buah.
-
Pada
topik 12 ( الخلافات الزوجية ) jumlah mufrodat baru
dalam 78 daras sampai 84 adalah 62 buah.
-
Pada
topik 13 ( العلاقة بين الأباء و الأبناء ) jumlah mufrodat baru dalam 85 daras sampai 91 adalah 67 buah.
-
Pada
topik 14 ( الماء أصل الحياة و سرها) jumlah mufrodat baru
dalam 92 daras sampai 98 adalah 75 buah
-
Pada
topik 15 ( وصية أب) jumlah mufrodat baru
dalam 99 daras sampai 105 adalah 52 buah
-
Pada
topik 16 ( من يوميات وليد) jumlah mufrodat baru
dalam 106 daras sampai 112 adalah 64 buah
2.
Terdapatnya
latihan mufrodat yang baru
-
Terdapat
latihan atau tadribat mufrodat baru pada setiap daras dalam buku arabiyah
baiana yadaik jilid 3 namun tidak teratur.
3.
Mufardat
disajikan secara bertahap
-
Menurut
pemakalah mufrodat yang terdapat di dalam buku arabiyah baiana yadaik jilid 3
disajikan secara langsung atau tidak bertahap. Hal ini terlihat dari mufradat
yang digabungkan dalam satu daras untuk dua topik pembahasan.
4.
Adanya
penguatan untuk mufradat sebelumnya
-
Menurut
pemakalah tidak terdapat penguatan terhadap mufrodat sebelumya yang terdapat di
dalam buku arabiyah baiana yadaik jilid 3
5.
Adanya
pengetahuan struktur kalimat untuk mufradat baru
-
Menurut
pemakalah Pengembangan mufrodat baru di dalam pengetahuan tarokib terdapat pada
qowaid lughoh
6.
Pengenalan
mufrodat baru dengan menggunakan media untuk mencapai tujuan
-
Menurut
pemakalah pengenalan mufrodat baru di dalam buku arabiyah baiana yadaik jilid 3
tidak menggunakan media
7.
Kesesuaian
mufrodat dengan topik yang dipilih
-
Menurut
pemakalah bahwa setiap mufrodat yang terdapat di dalam topik pada buku arabiyah
baiana yadaik jilid 3 sudah cocok dengan topiknya.
Berikut contoh materi qira’ah yang ada dalam buku arabiyah baiana
yadaik jilid 3 daras 1 dan latihan mufradatnya :
C.
Penutup
a. Kesimpulan
Dalam buku arabiyah baiana
yadaik jilid 3 terdapat 112 daras dan 852 mufradat baru. Selain itu juga
terdapat latihan mufradat baru dan tarakib namun penyajian mufradat tidak
dilakukan secara bertahap.
Mufradat baru yang terdapat dalam buku arabiyah baiana yadaik jilid 3 sudah sesuai
dengan topic yang ada. Dengan begitu siswa sudah terbantu untuk memahami isi
buku meskipun pengenalan mufardat tidak menggunakan media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar